Meningkatkan sinyal modem CDMA dengan barang-barang rongsokkan


Internet hemat sudah jadi hal lumrah saat ini, dan sudah terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah (seperti saya :) ) tentunya. Dengan semakin meningkatnya kemajuan teknologi jaringan internet, perusahan-perusahaan seluler saling berlomba menawarkan layanan internet melalui produk-produk modem seluler (CDMA, GSM, 3G, ..etc).  Bagi para konsumen kalangan menegah ke bawah tentu akan memilih layanan termurah. Berdasarkan informasi yang saya tahu saat ini jaringan seluler CDMA termasuk yang lebih terjangkau. Bayangkan saja, produk-produk seluler tersebut menawarkan paket-paket internet unlimited yang lebih  murah ketimbang mengambil paket internet di warnet. Lagian internet di rumah dengan modem jauh lebih sehat  dan nyaman privasinya, daripada begadang semaleman di warnet, udah kena angin malam, susah selonjor, asap rokok, ..dsb :P . Tetapi banyak juga konsumen modem CDMA (seperti saya :( ) merasa kecewa karena mendapatkan layanan internet yang murah-murahan, padahal yang kita harapkan adalah yang murah-meriah atau murah tapi lumayan lah.. buat browsing atau download file :D . Tapi anda yang menyimak artikel ini ndak perlu lah ikut-ikutan kecewa :D , karena saya akan sedikit membahas bagaimana meningkatkan sinyal modem CDMA hanya bermodalkan barang-barang rongsokan yang biasanya kita temukan di gudang atau belakang rumah.

Setelah sekian lama kecewa :'( aku putusakan untuk menemui Mr. Google (www.google.com) dengan memberikan keyword-keyword yang berhubungan dengan peningkatan sinyal modem, dan akhirnya aku mendapatkan beberapa informasi baik dari blog, situs, atau forum, yang intinya meningkatkan sinyal modem dapat digunakan dengan menghubungkan atau menempelkan modem dengan benda-benda mengandung bahan logam  atau lebih baik lagi dengan merancang antena khusus yang sudah ditetapkan standar ukuran dan bahannya. Tetapi aku lebih memilih menggunakan barang bekas atau benda seadanya daripada merancang antena yang standar, karena tidak perlu mengluarkan biaya untuk membeli bahan yang dibutuhkan, dan tidak memerlukan pengukuran, hanya bermodalkan sedikit eksperimen atau coba-coba. Berikut ini review gambar penguat sinyal CDMA yang saya buat.. ;)

Hahahhaha.. :D kalo yang doyan ketawa ya katawa saja melihat gambar di atas. Yap, penguat sinyalnya saya buat dari bahan: Kaleng biskuit lebaran + Tutup ceret almunium + Garpu + Antena radio butut + kabel konektor headset ponsel = Jadilah SATELIT PALAPA, oppss.. kalo diperhatikan memang sedikit mirip satelit PALAPA A euy.., coba lihat gambar di bawah.

Gimana? penasaran.. cara membuatnya cukup mudah. Siapkan kaleng biskuit lebaran, garpu, dan tutup ceret. Selipkan garpu dengan gagang ceret, kemudian gagang garpu ditempelkan pada bagian samping kaleng biskuit dengan sedikit lakban, seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya siapkan antena radio butut yang sudah disambung dengan kabel konektor headset ponsel.

Bagi yang modemnya tidak terdapat colokan antena external, tidak perlu menyiapkan antena radio dan konektor headset, cukup menyiapkan bahan-bahan untuk SATELIT PALAPA hehehe :D . Berikutnya lubangi bagian atas kaleng biskuit lebaran untuk penyangga konektor kabel USB dan modem. Dan terakhir bagi yang modemnya terdapat colokan antena external, tinggal dihubungkan saja dengan konektor headset yg sudah dipasangi antena radio.

Bagaimana? cukup mudah bukan.. Berikut ini hasil dari peningkatan sinyal yang diterima modem sebelum dan sesudah menggunakan penguat sinyal buatan saya.

Dari gambar di atas sudah jelas sekali bahwa sinyal meningkat dari yang tadinya hanya 3 bar kemudian menjadi 5 bar atau Fullbar. Hahay :D ini baru yang namanya internet murah-meriah..

Trik di atas bukan hanya untuk modem CDMA saja, tapi juga bisa untuk modem GSM, 3G, dan lainnya. Kebetulan saja modem yang saya gunakan adalah CDMA, makanya saya tulis artikel ini. Silahkan anda mencobanya, tapi jangan salahkan saya jika nanti tidak berhasil, karena semua butuh experimen dan tidak selalu berpatokan dengan bahan dan model yang saya buat, berkreasilah ;) .

About 5ecret4dmirer

Manusia..

69 thoughts on “Meningkatkan sinyal modem CDMA dengan barang-barang rongsokkan

  1. Bagoes says:

    Asyik boleh dicoba,, memang berpengaruh kaya dikampung-kampung dulu antena rumah pada tinggi banget terus pake tutup panci,, tapi saya pake handphone buat modemnya jadi gimana nyimpennya yah?Disimpen diatasnya aja kali

  2. ya bisa juga juga bikin seperti saya, tapi klo gak berhasil ya coba bikin model lain sesuai kreasi kamu, intinya coba2x aja berkreasi dg benda berbahan logam disekitar kamu, seperti kawat tembaga, alat2x masak (usahakan yg bekas biar gak kena omel mami/istri :D), dll. dan selalu perhatikan peningkatan sinyal sembari berexperimen ;)

  3. Bagoes says:

    udah nyobain pake sembarang alat dapur,, sinyal di handphone emang naik satu strip,, tapi speed nya tetep aja lemot,, terus dicoba pindah dari kamar saya ke kamar lain skitar 4 meter,, ternyata ga perlu pake alat dapur ntu sinyal dan speed stabil walaupun emang bawaan dial-up pake n6275i provider flexi aslinya lemot juga

  4. emang banyak faktor mas, bukan cuma penguatan sinyal, tp jg yg lain sperti, coverage area dari prov.seluler tiap daerah beda2x, jg dri fasilitas yg disediakan tiap prov.seluler itu sendiri. klo di tempat saya kbetulan lebih bagus pake esia, dulu pernah jg pake flexi dan starone, ya semua itu relative mas, coba2x ja pake kartu seluler lain ;)

  5. topjer says:

    Hahahaha…..
    Ane cba cara nte sob,unik n kreatip! Jd semangad nguprex lg neh, thx sob,

  6. wkwkwkwk.. bisa aja gan :D yah.. itulah orang kita, org indonesia, biar bleguk tp jago ngakalin, trims udah mampir ;)

  7. Ayodya says:

    mas, kan modem saya usb cdma
    bsa gak dioprek seperti ini
    kan di artikel ini klo bukan modem usb, seperti.a modem sierra.
    mohon mas pencerahannya :D

  8. Ayodya says:

    mas klo implementasinya ke modem usb, dgn frekuensi cdma
    bagaimana mas ?
    mohon pencerahannya :D

  9. @ayodya: sangat bisa mas yang saya buat itu cuma untuk penguat sinyal aja, jd bukan hanya modem usb tp ponsel pun jg bisa, berhasil/nggak tergantung experimen sampean :D

    klo mo tau bedanya CDMA dan GSM coba baca referensi ini:
    http://id.wikipedia.org/wiki/CDMA
    http://id.wikipedia.org/wiki/GSM

    lam knal, thanks udah berkunjung :)

  10. Subliansyah says:

    Saya suka ini, teruslah ber inovasi. Saya akan coba.

  11. thanks gan, anda jg bisa berinovasi bikin model antena anda sendiri ;)

  12. OKGI says:

    asik juga tuh satlit palapanya………….. he.he.he gw pengen cobain ah gw make venus plexi juga masalahnya, tolong dikirim dong hasil temuan experimen2 yang lain barkaitan dengan hasil tentang venus plexi

  13. @OKGI: thanx udah mampir ke sini :) , modemku merk skydata cuma mode cdma 3g biasa (belum evdo), mau modem merk apapun sama aja intinya kita cuma bikin penguat sinyalnya aja (kalo lemah), kalo kmu maunya untuk modem venus bisa cari di google kan banyak contohnya. ;)

  14. Gianto says:

    Menarik. ditempat saya sinyal baus 4bar speed download 7-15Kbps dengan IDM. Ini masih bisa dinaikan speednya ngga dengan parabola ala biskuit?

  15. bisa aja kalo kmu mau berexperimen :D

  16. hendri says:

    keren gan tipsnya, ane pake modem venus vt-80n dgn provider flexi. klo buat browsing2 aja sih lumayan tapi klo buat donlot speednya agak kurang dibanding dgn menggunakan ponsel cdma. ada solusi gan?

  17. @mas hendri:

    klo menurutqu sih speed koneksi internet ada beberapa faktor:
    > speednya emang udh jatahnya segitu ole ISPnya, mau speed lebih yah harus berani bayar mahal/ pindah ke provider lain
    > kekuatan sinyal sangat mampengaruhi, makanya aqu share artikel ini u/ menguatkan sinyal modemnya, biar maksimal bandwith yg dah dijatahin ma isp
    > perhatiin juga lingkunag sekitarmu apa deket tower bts isp/nggak, misal klo pake flexi ya usahain gak jauh2 dari btsnya telkom, klo sinyalnya kuat pake yg lain spt indosat yah ganti aja simcardnya pk indosat, seprti saya nih jg pake modem bawaan flexi tp krna di tmpt sy kuatnya sinya indosat ya tak ganti aja simcardnya pake starone, kan sama2 cdma jg toh, tarif unlimitednya jg sama, yg penting selalu usahaain sinyalnya full.

    Thanks n’ CMIIW ;)

  18. ucla says:

    boleh juga coy,dasar mac giver!

  19. cupid says:

    gan, d colokin pada lubang headsetna bisa kaga yak?? >.<

  20. @cupid: tergantung dari fitur di modem sampean gan :D , klo modemku kebetulan ada tambahan conektor u/ antena external cuma tambahan aja sp tau ngaruh :P klo gak ada jg gpp yp penting bikin penguat sinyalnya ajah, thanks udh berkundung :)

  21. waway says:

    gan gimana nih, modemku ga ada antena luarnya, itu lho yang tinggal colok doang

  22. @waway: gak masalah gak ada antena luar, justru penguat sinyal dari tutup ceret + kaleng biskuit aja sudah sama fungsinya spt antena penguat sinyal ;)

  23. ilham says:

    brrooo kalo pk modem TELKOMSEL FALSH bisa ggaa???

  24. semua modem 3g (cdma/gsm) bahkan ponsel jg bisa gan, kan gunanya untuk menguatkan sinyal ;)

  25. rudi says:

    copas dari mana ni anak ndak kasih sumberA…..untuk ndak ada UU co[pas di dunia maya cm ada kode tik kale…

  26. @up: sebelumna terima kasih udah mampir ke sini ;)

    cape2 saya ngetik artikel + jepret tuh gambar pake hape ane + sedikit resize imgena pake ms office picture manager anda malah ber kata seperti itu, kalo sekirana artikel sy bermaanfaat ya dipraktekkan + klo mau dishare hasilna di blog ente. :D

    sejujurnya itu bukan copasan sy cuma menuliskan apa yg saya buat, klo inspirasiny memang sy akui dari dunia maya seperti di forum kaskus.us disana mereka banyak share antena aneh2, ada yg dari kaleng obat nyamuk, panci, sendok, dsb. klo ente copas mentah2 artikel saya mentah2 di blog ente itu bru yg pernyataan ente maksudkan ;)

  27. joni says:

    saya pakai modem CDMA (kartu flexy) tapi waktu pertama saya beli saya diketawa’in sama penjualnya,,,,katanya apa ada signalnya didaerahmu,,,?aku hanya tersenyum saja ….setelah itu modem aku instal,ternyata benar signalnya ciman 1 digit.tapi aku gak putus asa aku bikinkan antena yagi yang berfrekuensi 800mhz.tinggi antenaku sekitar 17 meter dari permukaan tanah….dan setelah aku nyalakan laktopku ternyata singnalnya mak….nyozzz….coneksinya …mak..wuzzz…..wuzzzz,,,pokoke mantap deh….tenks internet…kamulah gudang ilmuku…..by joni(sulawesi selatan)

  28. wah bagus tuh pengalamannya mas joni, nice share :D namanya juga usaha heheh emang gak bisa berharap banyak pake internet murah ala cdma 1x 800MHz tp klo kita mau usaha memaksimalkan kualitas sinyal itu lbh baik drpd gak sama sekali ;)

  29. ZIki says:

    Boleh – Boleh

  30. syaban says:

    mas, saya mw coba juga, cm msh kurang paham. bisa ga tolong dijelasin dengan detail cara2nya
    trima kash sebelmnya.

  31. gak jelas yang dimananya mas ???

    simple koq artikel yg saya buat, cuma modal barang bekas aja koq (tanpa pengukuran/rumus seperti orang bikin antena pd umumnya), yg penting bagaimana agar sinyal terima modem yg tadinya levelnya dikit menjd full levelnya dg coba2 pake barang berbahan logam di sekitar kita trus didekatkan/ditempelkan dg modem sambil memantau perubahan level sinyal di aplikasi koneksi modem (tau kan? yg di komputer itu :D ). klo masalah model/bentuknya sih terserah mas gak harus kyk yg sy buat, ehm drpd beli antena dah jadi (gak jamin) klo pake cara org bloon spt ini sukses knapa ngak ;D thanks udah mampir sini n’ keep experiment ;)

  32. Gan kalau ane bikin yg unik tp gak malu2in [hanya untk modem hp ato sinyal alat mirip hp]
    Nie gan
    Pertama nie trick dpt d blog ttngga tp wa rombak
    Nie
    1. 2 buah keping vcd / cd yg kilatan bawah masi ok
    2. Kaleng baigon cemprot ato pilok tp klw ane pk kaleng minyak wangi getsby [biar gak malu gtu]
    3. Udah itu aj tp kalau mw tambah yg lain blh jg !
    Cara :
    Gampang kok
    1. Letakkan kepingan cd [yg kilat di atas] letakkan antara cd cukup nyenggol aj ato gak usah kena asal dkt antar cd .
    2. Letakkan kaleng diatas salah 1 cd
    3. Letakkan modem hp ato apalah di atas cd 1 lg .
    tp coba tunggu 30 dtk dan liat hasilnya !!
    Sinyal berkode H bisa wa tarik apalagi yg 3g !!

  33. @up: ok thanks udah berbagi gan :D

  34. dhany_msc says:

    Lumayan gan naik 1 sinyal…BTS telkom fkexi sy lumayan jauh ada 7km dr rumah..tadinya cuma 3 sinyal skrg lumayan jd 4 :d…makasih..

  35. Alie Murtadho wedang_asem@yahoo.co.id lampung says:

    mas makasih banyak Untuk ilmunya, mudah-mudahan dengan antena palapa kaleng biskuit bnyak anak-anak bangsa yang cerdas.Wow Keren Habis deh karya sampeyan. dua jempol!

  36. Jarko Sako says:

    yahhhhhhhh………… jadi gak bisa dunk buat modam aku? karna modem aku gak ada slot antena na……….?” modem aku pakai VENUS FAST2 jd gimana dunk…..
    ???????????

  37. iwankaze says:

    experimen yang bermaanfaat gan,ijin copy paste ilmunya,thank ya…….

  38. selly says:

    gookiil tp kreeatiiiiff mas Brooow….

    I LIKE IT….

  39. reza says:

    cara membuatmodem dingin?

  40. Aku sendiri blom mencoba sih, tapi kayaknya bagus tuh bwt experimen :D, moga setelah ini modem ku ngga lemot lemot banget, terima kasih gan tuh ilmunya boleh di sebarin ga nih ? ntar aku kasih sumbernya deh… :D

  41. monggo maz bro.. :D

  42. @reza: kayaknya OOT deh, tp gpp aku jawab, itu sih simpel tergantu maunya gimana, klo pengalaman pnulis pernah pake plastik es diisi air trus modem ditaruh diatasnya, ataw cara lain bisa dg mengikatkan modem pd kipas angin, paling gampang letakkan modem dkat jndela kamar, cara trbaik dg memasang ac di ruangan kamu + bisa ngademin semuanya hehe :D

  43. @selly: masasih gokil, biasa aja.. :D thanx udah berkunjung :)

  44. @jarko: gak masalah kdang” antena itu jug agk tak pake coz satelitnya aja dah cukup koq, thanx atas kunjungannya :)

  45. walah mas saya nih bukan orng cerdas loh (menurut saya :D ), klo bisa”an mungkin heheheh, thanx uda nyimak di mari :)

  46. beken says:

    klo ana pakai kaleng alumunium bekas minuman, ana potong k,2 ujung kaleng lalu ana belah tu kaleng dan mekar kan seperti payung satelit/radar, letakan medem di tengah lempengan kaleng tadi dan klo sedikit sinyal, lebih baik di letakan di luar ruangan agak lebih tinggi dengan sambungan kabel usb. di jamin sinyal full bar

  47. @beken: lucu juga idenya bro, tp klo dg cr itu bisa maksimalin sinyal modem “why not..”, thanx for your share bro :)

  48. Ari Lawalata says:

    mas numpang tanya,,,,modemnya langsung di tempelin pa perlu alat lain…

  49. OREVLA says:

    kabel konektor nya klo buat modem smart/ZTE model AC2726 pake apa
    monoh jawabanya

  50. @ Ari Lawalata : sederhana bgt bro pake barang seadanya yg penting sediakan kabel usb agak panjang yg ujung konektornya diselipkan pd bagian tengah pantat kaleng yg udah dilubangi, silakan diperhatikan lg dg sesksama gambarnya :D

  51. @ OREVLA : maksudnya konektor headset itu kan ??? klo gk pake jg gakpapa sy jg jrang pake yg penting klo kmu tertarik bwt sprti gmbar di atas buat model saelit palapanya udah cukup koq, klo konektor modem ke kompi biasanya kan pake kabel usb extender biasa :)

  52. diditc says:

    aku sudah coba banyak cara sederhana.
    Tapi cara ini yang paling berhasil.
    Aku pake modem vt 80 kenaikan sinyal dari 1 menjadi 3 bar. Kecepatan dari 4 KB/s menjadi 25KB/s.
    Tq gan….

  53. @diditc: sama” gan, aq jg berhasil makanya aqu posting di blog ini, thanx udah mampir :D

  54. atam says:

    gan aku kan pake modem venus trus pake provdr telkomflexi, sinyal bagus full, tapi masalhnya buat buka internet lemot
    banget, kenapa ya?, pencerahannya donk, thank’

  55. indika says:

    modem saya usb venus cdma VT 80n dan di katakan di internet kalau modem itu gak bisa dimasukin kartu smart tapi kalo fren bisa dan pertanyaan saya kalo kartu smartfren bisa nggak ? trus cara nguatin sinyal sama nggak kayak yang di atas ? saya bingung sinyalnya kok cuma 2 digt dan amat sangat lelet . . . .
    maaf kalo banayk nanya :D

  56. @indika: sama saya juga merasakan hal yg sama wktu mo nyoba pake smartfren, rupanya coverage area tempat saya yg tidak support untuk smartfren, sbaiknya kamu cek dulu di sini :)

  57. coba pake provider lain, saya jg tadinya pake flexi, sekarang pake starone, tarifnya jg hampir sama :)

  58. fitri novianti says:

    boleh juga kk….hhehehhe….tapi kalau modemnya ga ada colokan antena external, kn cuma siapin satelit palapa…….lalu taruh mana modemnya—–:D kalau gtu—

  59. @fitri novianti: ya kamu buth kabel usb extender bawaan modem, atau bisa beli yg lbih panjang di toko” terdekat :D

  60. Bara akeboshi says:

    Gan, ane mau nanya…
    Apa hubungannya antena radio sama penangkap sinyal yang tadi?
    Cara konekinnya gimana?

  61. juned says:

    boleh d coba tuh,.. kmaren coba pake koin jg emng ngaruh,..tp cmn dikit,..!

  62. Jauhar says:

    kalo gk pake usb tambahan bisa gk om.?

  63. ya musti pake lah, beli aja di toko” komputer ndak mahal kok :)

  64. gak perlu pake antena radio coz modem di gmbar diatas tuh modem jadul yg memang ada jack bwt antena external, cukup bikin model satelit palapanya aja udah cukup kok :)

  65. elisabeth saragih says:

    gan gua jg ada tips nih.. download game booster aja, trus buka mobile partner menggunakan game booster,, trus untuk nambah sinyalnya pake kawat tembaga, yang dililitin di modem trus ujungnya dipanjangin ke arah bts

  66. ya, thanx commentya, tp setau ane game boster cuma tool untuk mematikan(sementara) proses” yg gk penting jd kinerja pc menjadi lbih terasa ringan. Klo kawat tembaga itu baru bener bwt menguatkan sinyal..

Leave a Reply

